Kisah Miris Dan Menyayat Hati, Pejuang Cilik  Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Sekarang, sejak bergabung jadi mitra pengemudi Grab, saya bikin tempat mengajar les privat kecil-kecilan karena agar tetap bisa punya pendapatan dari sini. Saya juga ingin punya usaha, sudah lama saya ikut orang di tempat mengajar les privat, dan sekarang gantian mau merasakan mengelola tempat les sendiri,” tukas wanita kelahiran 22 April 1997 ini. Komunikasi perihal keuangan yang sehat akan mendorong seluruh anggota keluarga menghargai uang hasil kerja kamu dan menggunakannya secara bijaksana. Ada banyak kejadian di mana banyak pencari nafkah merasa frustrasi karena merasa uangnya dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Rasa frustrasi ini berawal dari nihilnya komunikasi di antara anggota keluarga terkait keuangan.

Cara untuk menjadi tulang punggung keluarga

Uang selalu menjadi topik yang sensitif untuk dibicarakan dalam keluarga. Tapi, mau tak mau, hal ini perlu dibicarakan dalam keluarga, terutama dengan pasangan kamu. Ini penting agar anggota keluarga memahami kondisi keuangan dan bagaimana cara mengelolanya. Maka, tak ada salahnya kamu mulai mempersiapkan sumber penghasilan lain. Sumber penghasilan ini bisa berasal dari berbagai instrumen investasi, misalnya emas, saham, reksa dana dan sebagainya.

Namun kalau ada tambahan beban yang dia tidak sanggup untuk atasi dia akan roboh, sekali lagi sebab dia memang tidak terbiasa juga bercerita membagi beban dengan orang lain. Dia adalah tulang punggungnya dan dalam kasus tadi Pak Gunawan katakan, dia mungkin tidak punya teman banyak di luar karena tidak punya kehidupan sosial. Viralnya kisah Gilang di Facebook yang merupakan anak dari tukang ojek on-line ini pun banyak mencuri perhatian netizen.

Jangan lupa juga lakukan beberapa cara menghilangkan bosan di rumah dan di kantor dengan melakukan hal-hal positif. Sementara, investasi adalah untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek sampai jangka panjang. “Dan investasi ini juga menjadi cara agar ‘generasi sandwich’ ini tidak diwariskan ke anaknya,” tambahnya.

Bahkan jika dirasa perlu, anggota keluarga yang lain bisa saling membantu untuk mengurangi beban pencari nafkah utama. Ada banyak kejadian dimana banyak pencari nafkah merasa frustasi karena merasa uangnya dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Meski Anda adalah tulang punggung keluarga, penting untuk menganggap pasangan sebagai mitra yang setara. Jika suami kini menjadi “bapak rumah tangga” yang senantiasa tinggal di rumah, dorong ia perlahan untuk melakukan konsultasi atau bekerja dari rumah. Hal ini dapat membantunya terus aktif secara profesional, mempertahankan potensi penghasilannya, serta pelan-pelan menyiapkannya untuk masuk ke dunia kerja lagi.

Kaum perempuan tidak mendapat pendidikan seperti apa yang diperoleh oleh kaum laki-laki. Jika ayam sudah berkokok dan kondisi masih gelap, para kaum perempuan Suku Asmat justru sudah bertebaran mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Di tengah kesulitan ekonomi, seorang anak justru menjadi tulang punggung keluarga. Meski di usianya yang tergolong masih sangat muda, dia harus bekerja mencari nafkah dan merawat ibunya yang punya penyakit jantung dan ayahnya sudah meninggal empat tahun lalu. Komunikasi yang baik, khususnya seputar keuangan, sangat penting dalam setiap pernikahan dan keluarkan.

Dia lepas dari tuntutan, dia menjadi orang yang berkebalikan dari yang sebelumnya itu dia bukan menjadi tulang punggung, dia menjadi duri yang menusuk keluarganya. Dalam Islam, hukum wanita nenafkahi keluarga tidaklah menjadi kewajiban baginya. Tapi istri hanya bisa menjadi tulang punggung keluarga jika sudah mendapatkan ijin dari suaminya untuk bekerja.

Asuransi jiwa berbasis syariah ini dirancang khusus untuk membantu Kamu dalam mendapatkan perlindungan jiwa dan investasi jangka panjang yang komprehensif dan terencana. Sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan, hitung terlebih dahulu pendapatan dan pengeluaran. Pastikan jumlah cicilanmu tidak lebih dari 30% dari penghasilan. Besar kecil penghasilan, sudah seharusnya disisihkan untuk berbuat kebaikan. Di dalam agama juga diperintahkan bagi setiap orang untuk beramal.

Dari situ, saya sudah mulai mengurangi jadwal mengajar les privat,” kenangnya. Alasan Rizky saat pertama kali bergabung menjadi mitra pengemudi Grab, karena semata-mata memang ingin membantu perekonomian keluarga. Dari situ, dia mulai merasa bahwa pendapatannya sebagai guru les tak mencukupi demi menghidupi keluarga, apalagi untuk membayar cicilan. Menurutnya, upah sebesar itu dinilai kurang untuk mencukupi makan sehari-hari dan juga mengirimi sebagian uang gajinya untuk ibu dan saudaranya di Sumbawa. Pelaku menjadi tulang punggung keluarga setelah ibunya bercerai. Kesehatan Olga yang belum ada kabar membuat sang adik, Billy Syahputra haru bekerja keras.